5 PILAR STBM

Pernahkah Teman-teman mendengar istilah STBM? STBM adalah singkatan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Ini adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sanitasi yang perlu kita perhatikan sebagai masyarakat awam.
1. Stop BAB sembarangan
Indonesia kan terdiri dari banyak sungai, tapi hal ini bukan berarti kita bisa bebas BAB sembarangan di sungai. Jika kita BAB di sungai, sungai akan tercemar oleh kotoran dari feses kita. Sungai ini memiliki fungsi sebagai sumber air yang bisa digunakan untuk keperluan manusia sehari-hari. Jadi jangan sekali-sekali buang air besar maupun kecil di sungai ya Teman-teman.. Selain di sungai, kita jangan BAB sembarangan di hutan atau pekarangan yaaa.. Ya memang, tanah bisa mengurai limbah organik seperti feses kita. Namun, feses ini bisa-bisa akan mencemari air tanah. Padahal, air tanah sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena banyak dimanfaatkan untuk keperluan air dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tak hanya itu, feses yang sembarangan beraa di hutan atau pekarangan akan menimbulkan bau dan penyakit. Tentunya membuat orang lain tidak nyaman bukan? Jadi, lebih baik, kita BAB di toilet rumah masing-masing ataupun di toilet umum yaaa..
2. Mengelola LImbah Cair Rumah Tangga yang Aman
Teman-teman setiap hari membantu Ibu mencuci piring kan? Mencuci baju juga kan? Nah, air hasil cucian itu akan dikemanakan? Jangan langsung dibuang ke sungai ya teman-teman.. nanti sungai akan tercemar lagi.. Tmena-teman bisa memanfaatkan air cucian untuk mencuci kendaraan dan membasahi halaman lho.. Jadi, kita tidak membuang air cucian secara langsung, namun memanfaatkannya terlebih dahulu.
3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga
Untuk air minum dan makanan, harus diolah dengan baik ya Teman-teman.. Hal ini agar tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi anggota keluarga. Air minum harus berasal dari air bersih yang dimasak terlebih dahulu atau dari perusahaan air minum. Untuk makanan juga demikian. Sebelum dimasak, bahan makanan yang bisa dicuci harus dicuci terlebih dahulu. Kemudian, kematangannya juga harus diperhatikan. Makanan harus benar-benar matang agar kuman yang terkandung bisa mati.
4. Cuci Tangan Pakai Sabun
Masalah CTPS ini, sudah ada beberapa post yang dibagikan. Silakan dibaca ya post nyaa hehehe..
5. Pengelolaan sampah dengan benar
Pernahkah kalian mendengar istilah 3R? Nah, 3R (Reduce, reuse, recycle) ini merupakan langkah yang paling tepat dan mudah untuk mengelola sampah yang dihasilkan di rumah.

Bagaimana? Sudah siap menerapkan STBM di rumah masing-masing?



Komentar