3R

Apa itu 3R?
3R terdiri atas reduce, reuse, dan recycle. 
Apakah itu reduce? Reduce adalah langkah mengelola sampah dengan cara mengurangi produksi yang yang dihasilkan. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah. Kita bisa mengganti beberapa barang. Sebagai contoh, kita bisa mengganti kebiasaan kita membeli air minum kemasan dengan membawa tumbler atau botol yang bisa dipakai ulang sebaga wadah minu. Untuk membeli minuman seperti jus, es teh, atau minuman lain yang take away, kita bisa memakai botol kita. Selain itu, kita juga bisa membeli barang yang berukuran lebih besar. Daripada membeli detergen sachet, lebih baik kita membeli detergen yang kemasan besar. Dengan begitu, sampah akan terkurangi.
Kemudian, R yang kedua adalah reuse. Reuse ini maksudnya akan menggunakan kembali barang-barang bekas. Kita bisa mengunakan botol kaca untuk wadah air dingin di kulkas, botol plastik untuk tempat menyimpan makanan ikan, toples kemasan untuk menjadi tempat tepung terigu, dan banyak barang bekas lain yang bisa kita gunakan kembali.
Setelah itu, ada recycle. Langkah ini adalah mendaur ulang barang bekas yang tidak bisa langsung digunakan. Kita bisa mendaurulang koran untuk kerajinan tangan dan barang fungsional. Kita juga bisa mendaur ulang kertas-kertas yang tidak terpakai untuk menjadi kertas daur ulang.
Nah, 3R ini adalah poin-poin yang bisa kita ikuti untuk mengurangi dan mengelola sampah yang kita hasilkan agar tidak langsung dibuang dan menghabiskan tempat di landfill. Sudahkah kalian menerapkan 3R?

Komentar