PEMILIHAN DUTA SANITASI PROVINSI JAWA TIMUR 2014

Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Timur 2014 diadakan tanggal 19-22 April 2014 di Hotel Equator, Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 143 pelajar tingkat SMP dari 36 kabupaten/kota yang terdiri dari 72 peserta lomba poster dan 71 peserta lomba karya tulis yang kesemuanya adalah siswa terpilih kabupaten/kota masing-masing. Sebagai perwakilan Lumajang, aku dari SMP Negeri 1 Lumajang, Meli dan Indah dari SMP Negeri 2 Lumajang, serta Izlan dari SMP Negeri 1 Sukodono, berangkat bersama Pak Asyik (pembina SMP Negeri 2 Lumajang), Miss Dian (pembina SMP Negeri 1 Lumajang), dan Pak Syamsul (perwakilan Dinas Pendidikan Lumajang) tanggal 19 April 2014 pagi hari. Aku dan Meli mengikuti lomba di bidang karya tulis. Sedangkan Indah dan Izlan mengikuti bidang poster. Sesampainya di lokasi lomba, kami melihat pesaing-pesaing yang sangat hebat, sehingga membuat kami sedikit down. Apalagi, aku hanya menyiapkan materi selama 3 hari. Kebayang, kan, gimana mindernya aku saat itu? 
Sebelum perlombaan, agar tidak tegang, kami diajak berkumpul dalam suatu aula. Di sana, kami diajak bercanda agar suasana cair. 143 peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Perwakilan Lumajang masuk kelompok putih. Banyak sekali teman-teman yang aku ajak berkenalan. Seru banget rasanya punya teman baru. 
Setelah itu, kami diberi materi-materi yang pastinya bersangkut-paut dengan perlombaan. Kami tertantag untuk menonjolkan kemampuan kami pada saat sesi pertanyaan dilaksanakan. Alhamdulillah, aku sempat bertanya kepada narasumber lebih dari satu kali. Hehe..
Nah, untuk kegiatan perlombaannya, tahap pertama kami jalani dengan membuat karya tulis/poster dalam sebuah ballroom. Kebetulan, aku sebangku dengan Maya dan Rafli sebagai perwakilan Madura serta Gabriella sebagai perwakilan Kediri. 
Tahap selanjutnya, kami diharuskan mempresentasikan karya kami di hadapan para juri. Tahap ini dilakukan di dalam ruangan tertutup. Lumayan tegang suasananya. Rasanya, para juri kayak natap kami tajam banget..
Sesudah itu, kami tinggal menunggu pengumuman sambil bermain bersama di lapangan hotel. Penjuriannya nggak main-main lho.. Buktinya, media Jawa Pos, JTV, Universitas Negeri Surabaya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur, dan Satker PPLP Provinsi Jawa Timur ikut andil. Wah.. Serem juga ya.. 
Setelah diumumkan 10 besar karya tulis dan 10 besar poster, aku sempet nggak percaya. Baru ngikut lomba tentang lingkungan gini, eh masuk final. Alhamdulillah ya... :v Para finalis segera menyiapkan materi dan mental untuk melakukan penyuluhan di depan juri dan penonton di atas panggung. Setelah dilakukan penjurian lagi, akhirnya terpilihlah 6 peserta terbaik. Pemenang juara 1 bidang karya tulis adalah Nabila Maya Faisa dari SMP Negeri 1 Sumenep, Juara 2 Mochammad Ivan Adhyaksa dari SMP Negeri 1 Ponorogo, dan Juara 3 aku dari SMP Negeri 1 Lumajang. Pemenang bidang poster diraih Akmal Dzakarida Putra dari SMP Negeri 1 Ponorogo, juara 2 Carena Learns Prasetyo dari SMP Negeri 4 Surabaya, dan juara 3 Elvira Nur Cholida dari SMP Negeri 1 Batu.
Nah, juara 1 karya tulis yang namanya Nabilah Maya Faisa itu ternyata anak yang sebangku sama aku waktu tahap pertama. Kebetulan banget, kan? Jadi, di antara para pemenang, cuma Maya lah yang udah aku kenal, soalnya saat sebangku aku sempat kenalan sama dia. Hahaha...
Aku dan kelima peserta yang beruntung itu akan mengikuti Jambore Sanitasi Nasional 2014 di Jakarta. Tungguin updatenya ya... :D



Komentar

  1. Haii dulu aku juga ikut event ini... Kenalin aku nilna perwakilan jombang, kita temenan yuk 😁

    BalasHapus

Posting Komentar